Sistem Penjaminan Mutu Internal

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Pelaksanaan SPMI di perguruan tinggi menjadi suatu keharusan dalam rangka penigkatan kualitas mutu dan perwujudan tujuan dari perguruan tinggi.

Mutu pendidikan tinggi terlihat pada tingkat kesesuaian antara penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan standar pendidikan tinggi yang terdiri atas standar nasional pendidikan tinggi dan standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh perguruan tinggi. Keadaan tersebut memposisikan kualitas mutu pendidkan tinggi pada 3 tingkatan, yakni: di bawah standar nasional pendidikan tinggi, sesuai standar nasional pendidikan tinggi, dan melampaui standar nasional pendidikan tinggi.

Universitas Islam As-syafi’iyah adalah salahsatu perguruan tinggi yang menerapkan sistem penjaminan mutu internal dengan menetapkan dokumen mutu berupa, kebijakan mutu, manual mutu, standar mutu, prosedur kerja, dan form mutu. Dalam rangka menjalankan sistem jaminan mutu melalui dokumen mutu tersebut secara keseluruhan, UIA membentuk suatu lembaga penjamin mutu yang disebut dengan Lembaga Pengembangan Jaminan Mutu.

Fokus dari tugas pokok dan fungsi LPJM adalah menetapkan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan, dan meningkatkan standar mutu pendidikan. Rangkaian kegiatan tersebut berada dalam siklus manajemen mutu yang berjalan secara Continual Improvement Quality Management System/Quality Assurance System. Siklus manajemen mutu tersebut tergambarkan sebagai berikut: